Selasa, 28 Desember 2010

OLAHRAGA - SEPAKBOLA Rabu, 29 Desember 2010 , 05:25:00 Final Piala AFF 2010: Indonesia v Malaysia Maju Tak Gentar, Gempur Malaya!

AKARTA - Malam ini, akan menjadi laga hidup dan mati. Malam penentuan. Apakah Firman Utina dan kawan-kawan kembali akan membuktikan superioritas di kandangnya, seperti ketika Indonesia mengganyang Harimau Malaya 5-1? Tak peduli dengan predikat jago Kandang. Tak peduli dengan sikap para politisi tak tahu malu yang selalu merangsek ingin numpang tenar. Malam ini, saatnya Garuda menebus kekalahan 0-3 atas Harimau Malaya! Demi harga diri, demi nama bangsa, demi Indonesia!

Tentu malam nanti, baik Firman Utina maupun Christian Gonzales tak ingin hanya menjadi penonton trofi juara  diboyong ke Malaya. Sekalipun itu tidak mudah. Tetapi, seperti apa yang dikatakan Irfan Bachdim champion never quit, punggawa tim Garuda akan berjuang sampai ke titik penghabisan. "Inilah malam terakhir, malam pembalasan. Maju tak gentar, terus semangat!"

Saatnya tim Garuda bangkit. Inilah saatnya Tim Garuda membayar kesalahannya di stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, Minggu (26/12) lalu. Lupakan yang lalu, tatap 90 menit ke depan. "Maju terus Garudaku. Jangan Pedulikan ulah para politisi yang tak tahu malu yang cuma bisa numpang tenar. Kami mendukungmu, Ganyang Malaysia!" tulis dodit dalam pesan singkatnya yang dikirim ke JPNN .com.

Pelatih tim nasional Alfred Riedl mengaku tidak melakukan persiapan khusus untuk menebus kekalahan atas Malaya. Meski begitu, pelatih asal Austria ini mengaku optimis, gemuruh puluhan  ribu suporter merah putih yang akan memerahkan gelora Bung Karno malam ini akan mencambuk semangat anak-anak Garuda untuk tampil lebih agresif, lebih menggebrak sebelum akhirnya menciptakan gol-gol yang diharapkan.

Kemarin, dalam sesi latihan terakhirnya di lapangan ABC Gelora Bung Karno semua pemain nampak serius. Okto Maniani yang dipastikan tidak akan tampil akibat akumulasi kartu kuning, menjadi sparing partner yang baik. Kiper Markus Maulana yang sebelumnya dikabarkan cider, juga nampak sudah fit dan siap tampil. "Semuanya berjalan normal, kalau pun ada masalah itu hanya masalah kecil saja," kata pelatih Riedl.

Menurut Riedl, defisit tiga gol yang dialami tim nasional Indonesia sudah tidak menjadi beban bagi para pemain. "Secara mental, kondisi para pemain sudah cukup baik. Bersama psikolog, kami berupaya untuk mengembalikan kepercayaan diri pemain. Dan saat ini, kondisinya sudah baik dan siap tanding."

Pemain truf Arif Suyono dipastikan akan mengisi posisi Okto Maniani. Di ujung tombak, Riedl kembali menandemkan Christian Gonzales dengan Irfan Bachdim. Sekalipun penampilan Irfan terus menurun, menyusul cidera kakinya. Namun Riedl mencoba meyakinkan, bahwa cidera Irfan sudah mulai pulih dan siap ditampilkan dari awal. "Memang masih ada masalah kecil, namun Irfan pasti bisa mengatasinya," kata Riedl.

Di bawah mistar, Riedl tetap mempercayakan kepada Kiper Markus Maulana. Ia sempat mengalami cidera ringan pada partai final leg pertama di stadion Bukit Jalil. "Namun itu sudah tidak masalah lagi," kata Riedl. Yang pasti, pelatih Riedl telah berusaha keras meramu rempah-rempah dari rumpun melayu, indo eropa, dan Amerika latin Uruguay. Hasilnya memang sempat menghentak, menurun, dan diharapkan akan menghentak lagi. Saatnya bangsa ini berdoa, tulus, tanpa noda politisasi, demi perjuangan para punggawa Garuda! Maka, Garuda Pasti Menang!!! (ito/jpnn)


Final Piala AFF 2010: Indonesia v Malaysia (2nd Leg)
Venue: Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta

Perkiraan Pemain

Indonesia (4-4-2): 1-Markus Haris Maulana (pg); 3-Zulkifli Syukur, 5-Maman Abdurrahman, 23-Hamka Hamzah, 2-M Nasuha; 22-M Ridwan, 15-Firman Utina, 19-Ahmad Bustomi, 14-Arif Suyono; 17-Irfan Bachdim, 9-Christian Gonzalez
Pelatih: Alfred Riedl

Malaysia (4-4-2): 22-Khairul Fahmi (pg); 4-Putra Omar, 18-M Jasuli, 24-M Muslim Ahmad, 27-M Mohd Shas; 9-Norshahrul Talaha, 21-Amirul Hadi Zainal, 12-Amar Rohidan, 8-Mohd Safiq Rahim; 16-Kunanlan Subramaniam, 10-Mohd Safee Mohd Sali
Pelatih: Krishnasamy Rajagopal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar